Analisa Fundamental Saham Logitech International (LOGI) – Seri Analisa Saham Internasional

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com. Kali ini saya ingin mencoba hal yang baru. Saya akan membahas analisa fundamental saham LOGI (Logitech International S.A. | bursa saham NASDAQ, Amerika Serikat), suatu saham internasional!

Jadi ada ide dari salah satu pembaca blog ini untuk mengulas/menganalisa saham-saham internasional, dan karena menurut saya itu adalah ide yang bagus, maka post kali ini akan menjadi edisi perdana dalam seri analisa saham-saham internasional yang akan secara berkala saya lakukan.

Bagi yang menggunakan laptop atau PC (komputer desktop) saat ini, siapa yang tidak kenal Logitech? Perusahaan produsen aksesoris komputer, baik dari mouse, keyboard, microphone, webcam, video conference, headphones, remote presentasi,sampai speaker dan masih banyak lagi.

Gambar 1. Beberapa produk-produk Logitech (Sumber)

Saya pribadi go-to brand kalau saya mau beli mouse, minimal, itu adalah Logitech. Saya suka aksesoris Microsoft juga, tetapi dari sisi harga dan kualitas, Logitech paling pas untuk saya.

Nah, tapi sekarang saya ingin membahas soal saham dari Logitech (LOGI), bukan produk-produknya. Kenapa LOGI? Bukan, misal, yang “lebih menarik” seperti Amazon atau Facebook? Alasannya simpel sebenarnya.

Ingat metode SRRI (Screen, Review, Research, and Invest) saya? Saat saya lakukan Screen saat itu, salah satu yang secara PER sedang “murah”, berdasarkan kriteria-kriteria saya adalah LOGI, bukan Amazon atau Facebook.

Meski saat saya lakukan Review dan Research atas saham LOGI ini, PER dan PBV-nya ternyata sudah mahal, saya temukan dari analisa Discounted Cash Flow (DCF) saham ini masih ada valuasi yang menarik. Nanti kalian bisa lihat sendiri di bawah.

Sebelum saya lanjutkan ke analisa saya, perlu saya jelaskan bahwa analisa saham ini bukan rekomendasi untuk melakukan apapun. Saya hanya berbagi informasi yang saya dapatkan berdasarkan riset saya sendiri. Bila kalian belum pernah baca disclaimer blog ini, silahkan klik di sini.

Lalu, saya juga mau mengulang kalau saya menulis angka menggunakan sistem US/UK, bukan Belanda/Indonesia. Contoh: 1 juta saya tulis 1,000,000; bukan 1.000.000. Untuk desimal saya tulis 1.5; bukan 1,5 dan untuk mata uang saya menggunakan USD / IDR; bukan “Dollar” atau “Rupiah”.

Analisa saham Logitech (LOGI)

Logitech International S.A (LOGI) adalah perusahaan holding (“induk”) publik produsen aksesoris komputer, seperti yang saya sudah sebutkan di atas. Mereka berdiri di tahun 1981 dan memiliki dua kantor pusat, satu di Swiss dan satu lagi di Amerika.

Logitech tercatat di dua bursa saham (“dual listing”), satu di Swiss, di Swiss Exchange (simbol saham: LOGN), dan satu lagi di NASDAQ (simbol saham: LOGI). Angka-angka yang kita akan pakai adalah dari bursa saham NASDAQ, supaya lebih simpel, daripada saya harus menghitung perbedaan kurs Euro dan USD dahulu.

LOGI adalah perusahaan dengan brand value yang besar, kualitas yang bagus (coba lihat artikel-artikel ulasan dengan judul-judul seperti “The best…” atau “Top 10…”, pasti minimal ada 2-3 produk Logitech ada di dalamnya), dan budaya desain (“design culture”) yang kuat. Mirip seperti Apple.

Covid-19 yang banyak menghancurkan bisnis-bisnis di luar sana, menjadi kesempatan bagi LOGI untuk menjual lebih banyak produk-produk mereka karena semua orang banyak yang bekerja dari rumah. Terbukti pendapatan yang tumbuh selama tahun 2020.

Sekarang mari kita bahas hasil dari tahap Research untuk LOGI di bawah ini.

Research saham Logitech (LOGI) – Valuasi PER dan PBV

Saya menggunakan laporan tahunan LOGI dari 2012 – 2020. Berikut performa bisnis mereka selama 9 tahun ke belakang:

  1. Revenue growth (pertumbuhan pendapatan) rata-rata: 2.87% per tahun.
  2. Net profit growth (pertumbuhan laba/profit) rata-rata: 104.4% per tahun! (Tetapi ini karena angka penurunan drastis di tahun 2015-2016 dan 2012-2013, tanpa kedua angka penurunan di tahun-tahun ini, angka pertumbuhan laba mereka ada di sekitar 24.7% per tahun).
  3. Net profit margin (marjin laba dibanding pendapatan) rata-rata: 4.87% per tahun.
  4. Free cash flow (FCF, sisa uang tunai dari aktifitas operasi dikurangi belanja aset) kumulatif positif dengan rata-rata USD 164 Juta per tahun! Total FCF selama 9 tahun terakhir di USD 1.48 Milyar.
  5. Owner’s earnings ratio (rasio belanja aset dibagi uang tunai dari aktifitas operasi) rata-rata LOGI rendah di 0.32. Amat bagus dan efisien.
  6. Efficiency ratio (rasio seberapa efisien biaya setiap pendapatan perusahaan) rata-rata: stabil dengan rata-rata di 0.64 per tahun. Sangat bagus.
  7. Return on equity (imbal hasil dari modal) rata-rata: 10.82% per tahun. (Sekali lagi, tanpa angka tahun 2015-2016 dan 2012-2013, angka ROE “sebenarnya” di 18.16%).
  8. Debt equity ratio(ratio hutang dibanding modal) rata-rata: 0.58 per tahun.

  9. Price earnings ratio (PER, rasio harga saham dibanding laba) rata-rata: 47.71x. Saat saya melakukan Research ini di bulan April 2021, PER LOGI ada di 38.99x. Lebih murah 18% dari PER historisnya.
    Tapi saya lihat PER rata-rata industrinya di 17.91x, berarti PER LOGI saat itu lebih mahal sekitar 117% dari rata-rata industrinya! Mahal!

  10. Price to book value (PBV, rasio harga saham dibanding nilai modal) rata-rata: 4.7x. Waktu itu PBV LOGI ada di 11.78x. Lalu, PBV rata-rata industri  saat itu di kisaran 1.43x, berarti harga PBV LOGI saat itu lebih mahal 150% dan 723% dari rata-rata masing-masing nilai historisnya dan juga industrinya! Gila!

Masih mau Invest di saham ini?

Menurut saya, LOGI adalah perusahaan yang performa bisnisnya cukup bagus, dan sedang dihargai premium oleh pasar. Apalagi “salah harga”.

Gambar 2. Performa saham LOGI setahun terakhir. Naik 200% lebih! (Sumber)

Saya lalu coba menggali lebih dalam lagi, untuk melihat apakah ada “harta karun tersembunyi” di saham ini, tetapi tidak banyak yang spesial.

  1. Revenue (pendapatan) mereka tidak lebih besar dari kapitalisasi pasar.
  2. Total Asset mereka tidak lebih besar dari kapitalisasi pasarnya.
  3. Price earnings growth ratio (PEG, harga saham dibanding peningkatan laba dari tahun sebelumnya, kalau < 1, bisa jadi sedang “salah harga”) emiten ini 0.52x. Artinya harga sahamnya hanya 0.5x lebih mahal dari peningkatan labanya. Nah, ini menarik! Dari hasil Research saya, setiap PEG ratio LOGI di bawah 1x, harga sahamnya tidak lama akan naik di kisaran 2x lipat!

Bagaimana dengan valuasinya secara DCF? Mari kita lihat.

Research saham Logitech (LOGI) – Valuasi DCF

Ini hasil analisa DCF (Discounted Cash Flow) untuk saham ini:

Gambar 2. Hasil valuasi DCF untuk saham Logitech
  1. Saya menggunakan nilai performa bisnis aktual (yang sudah terjadi) untuk tahun 2017 – 2020 dan nilai ekspektasi performa bisnis untuk tahun 2021 – 2024.
  2. Untuk discount factor (angka persentase yang kita pakai untuk kalkulasi berapa nilai FCF yang kita ekspektasikan/prediksikan untuk masa depan kalau nilai itu kita tarik ke hari ini), saya pakai 4.3%. Berbeda dengan di Indonesia, bunga obligasi tenor 10 tahun pemerintah Amerika rata-rata ada di 2.16%. Jadi saya pakai angka itu, dan saya kalikan dua.
  3. Untuk perpetual growth (angka persentase yang kita pakai untuk kalkulasi berapa nilai pertumbuhan FCF perusahaan selama-lamanya), saya pakai 2%. Sedikit di atas angka rata-rata pertumbuhan ekonomi Amerika.

Intinya, dengan amat sangat saya permudah (oversimplify), adalah nilai kumulatif FCF milik LOGI dari akhir 2021 (awal prediksi dimulai) sampai selamanya, kalau kita tarik ke hari ini akan bernilai sebesar USD 25.7 Milyar. Selamanya itu sampai kapan? Entah. Bisa 10 tahun, 20 tahun, atau bahkan 30 tahun ke depan. Nilai USD 25.7 Milyar itu, kalau kita bagi dengan jumlah saham LOGI yang beredar saat ini di 167.8 juta lembar, akan memberikan kita nilai intrinsik per lembarnya di USD 133/lembar.

Saat post ini ditulis di bulan April 2021, nilai per lembar LOGI adalah USD 104.5. Berarti, ada margin of safety sebesar 27.7%! Lumayan sekali.

Kesimpulan

LOGI adalah perusahaan dengan performa bisnis bagus dengan produk-produk yang bagus juga. Memang mereka sedang dihargai pasar dengan harga yang premium, tetapi dengan angka FCF yang sehat, potensi pertumbuhan mereka juga masih cukup banyak.

Besar pasar aksesoris komputer adalah USD 11.9 Milyar dan penjualan LOGI di 2020 adalah USD 2.2 Milyar. Artinya, LOGI “baru” menguasai 18.5% dari total pasar aksesoris komputer dunia. Masih besar peluang pertumbuhan bisnis mereka.

Kesimpulan saya adalah, saya pribadi bila ada akun broker yang bisa membeli saham-saham internasional dan juga uang lebih, kemungkinan besar saya akan membeli saham LOGI ini.

Oke, untuk sekarang, mungkin ini dulu yang bisa saya bahas mengenai saham LOGI. Jangan lupa lakukan riset kalian sendiri, ya, sebelum berinvestasi. Bila ada pertanyaan, silahkan hubungi saya di sini atau tinggalkan komentar di bawah.

Ngomong-ngomong, kalau edisi perdana dalam seri analisa saham internasional ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)

Exit mobile version