Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol II – Review Buku

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin mengulas buku lagi, yang merupakan sebuah buku “lanjutan” dari salah satu buku terbagus bagi investor di dunia saham Indonesia yang saya bahas sebelum ini. Buku yang saya bahas kali ini berjudul ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol II’.

Ini juga merupakan karya pak Joeliardi Sunendar. Buku ketiga beliau yang saya ulas setelah ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’ dan ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan‘.

Sama seperti buku pertama, ini juga merupakan kompilasi dari catatan-catatan pak Joeliardi di Stockbit ataupun situs beliau sendiri. Tapi buku yang ini lebih “terkini”, karena catatan-catatannya banyak yang ditulis di tahun 2020, jadi sudah ada pembahasan pasar saham yang terkena dampak pandemi.

Gambar 1. Sampul depan buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol II’ (Sumber)

Mari kita ulas buku ini:

Pengarang Buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol II

Buat yang belum “kenal” beliau, seperti saya sebutkan di atas, saya pernah membahas soal pengarang buku ini di post saya yang berjudul ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Review Buku’. Sedikit mengulang, pak Joeliardi Sunendar adalah seorang investor fundamental senior Indonesia yang berinvestasi di saham-saham Indonesia maupun internasional. Investor senior ini akrab dipanggil dengan sebutan ‘pak Joel’.

Beliau adalah lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan pernah menjadi dosen di almamaternya juga. Beliau pernah bekerja di Ernst & Young, Total, Johnson & Johnson, lalu pernah, bersama rekan-rekannya, mengakuisisi perusahaan pendanaan kredit otomotif bernama Perdana Finance, dan juga sebuah bank bernama Bank Putera Sukapura.

Secara metode investasi, pak Joel ini pasti mirip dengan pak Lo Kheng Hong – sama-sama fundamental investing. Cari saham bagus yang sedang “murah”, beli, dan tahan yang lama.

Tapi yang saya perhatikan, perbedaan beliau dan pak Lo Kheng Hong saat berinvestasi adalah, pak Lo Kheng Hong bisa fokus di hanya beberapa saham Indonesia dalam portofolionya (terbukti beliau sering jadi pemilik saham individu terbesar di saham-saham yang dimilikinya). Sedangkan pak Joel, bila baca buku-buku beliau, termasuk buku ini, bisa ada kepemilikan di saham-saham Indonesia, Eropa, dan Amerika.

Isi Buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. II

Buku ini memiliki 390 halaman dalam 18 bab. Saya membeli versi ebook dari buku ini di Google Play Store di Agustus 2020, seharga IDR 112,200 (belum termasuk pajak).

Gambar 2. Daftar isi buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol II’
Gambar 3. Lanjutan daftar isi buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol II’

Sama seperti buku pertama, karena buku ini adalah kumpulan ide-ide pak Joel sendiri, jadi tidak ada urutan dalam buku ini. Bebas mau mulai dari bab/topik mana saja, bahkan antara buku ini dan buku pertama juga sebenarnya tidak menyambung. Jadi mau baca yang ini dulu baru buku pertama, ya, bebas saja.

Teori-teori, ide-ide, dan contoh-contoh yang dibahas buku ini adalah:

  1. Menghitung nilai wajar BBRI menggunakan CAGR (Compound Annual Growth Rate atau tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun) dan proyeksi EPS.
  2. Cara simpel menemukan sebuah perusahaan yang baik (bocoran: ROE tinggi).
  3. Nilai wajar MERK (PT Merck Tbk.).
  4. Faktor yang bisa memperbaiki kinerja portofolio anda.
  5. Mungkinkah kita mendapatkan dividen sebesar 100% dari nilai investasi kita?
  6. Perjalanan Warren Buffett dan Berkshire Hathaway.
  7. RUPS Berkshire Hathaway 2020

Dan masih banyak lagi.

Pendapat saya mengenai buku ini

Cukup bagus. Tapi, jujur, menurut saya lebih bagus buku yang pertama. Alasannya:

  1. Karena banyak konsep yang diulang dari buku pertama, seperti: nilai asli sebuah perusahaan yang hanya bisa “kelihatan” saat melalui proses merjer atau akuisisi; nilai wajar BBRI; dan ROE salah satu faktor terpenting dalam melihat kriteria perusahaan yang baik.
  2. Versi ebook buku ini menurut saya kurang bagus kualitasnya. Ini seperti versi fotokopi/scan dari buku aslinya saja. Saya tidak bisa gunakan fitur “stabilo” / highlight untuk tulisan-tulisannya yang menurut saya penting.

    Masalahnya, buku ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’ yang saya beli juga merupakan versi ebook, dan itu tidak seperti ini.

Karena itu, buku ini saya berikan 3.5 / 5 bintang. Bila harus memilih, lebih baik beli buku yang pertama, tapi bila ada uang lebih, ya, boleh saja membeli yang ini juga. (Beli di Tokopedia bisa, ya).

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. II’ ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)

Exit mobile version