Learn to Earn – Review Buku

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin mengulas buku lagi. Buku yang merupakan karya terakhir dari Peter Lynch ini berjudul ‘Learn to Earn’. Sebelumnya kita sudah pernah mengulas buku-buku karya beliau yang lain: ‘One Up on Wall Street’ dan ‘Beating the Street’.

Buku Learn to Earn ini bisa dibilang sebagai seri pertama dari “trilogi” Peter Lynch. Jadi urutannya: Learn to Earn, One Up on Wall Street, dan Beating the Street – semuanya ditulis bersama John Rothchild. Meskipun secara publikasi, buku Learn to Earn ini sebenarnya merupakan karya terakhir mereka.

Saya membeli buku ini berbentuk hard copy (atau versi cetak) saat saya kuliah. Kebetulan saya melihat buku ini di mini market dekat kampus, entah kenapa mereka juga menjual buku-buku (mungkin karena dekat dengan kampus-kampus kali ya…). Saya lupa harganya berapa, sudah cukup lama juga, tahun 2005 kalau tidak salah. Tapi di Amazon ada versi Kindle eBook-nya, seharga USD 11.39, kalau di-Rupiahkan (dengan kurs saat ini) di IDR 163,104. (Meski di Tokopedia juga ada kok versi cetaknya).

Gambar 1. Sampul depan buku ‘Learn to Earn’ (Sumber)

Oke, mari kita ulas buku ini.

Pengarang Buku Learn to Earn

Seperti saya sebutkan di atas, pengarang buku adalah Peter Lynch dan John Rothchild. Saya sudah sempat membahas mengenai mereka di post mengenati ulasan buku One Up on Wall Street saya.

Sedikit mengulang, Peter Lynch adalah investor legendaris dari Amerika yang menjadi mutual fund manager (“manajer investasi reksa dana”) paling sukses dalam sejarah Amerika. Reksa dana yang dia kelola antara tahun 1977 – 1990, ‘Magellan Fund’ milik manajer investasi Fidelity Investments’, tumbuh sebesar 29.2% per tahun selama 13 tahun berturut-turut! Ini merupakan performa reksa dana terbaik di dunia, minimal sampai saat itu.

Kalau kalian nonton video-video mengenai investasi atau membaca artikel-artikel mengenai investasi dan kalian menemukan istilah “two bagger” atau “four bagger” atau “a hundred bagger”, apapun angkanya, kalau ada istilah “bagger”, istilah itu dari Peter Lynch yang berarti “beberapa kali lipat”. Jadi “two bagger” artinya “dua kali lipat”.

Sedangkan John Rothchild adalah seorang penulis buku dan majalah yang berspesialisasi di topik-topik finansial dan investasi. Semua buku yang ditulis Peter Lynch, ditulis bersama dengan John Rothchild.

Isi Buku Learn to Earn

Seperti saya sudah bilang di atas, Peter Lynch dan John Rothchild menulis tiga judul buku: Learn to Earn, One Up on Wall Street, dan Beating the Street. Meskipun buku Learn to Earn ini seolah seperti seri pertama dalam karya-karya Peter Lynch dan John Rothchild, buku ini merupakan yang terakhir ditulis, baru diterbitkan di tahun 1996 dan buku ini memiliki 320 halaman.

Learn to Earn adalah buku yang ditujukan bagi anak-anak SMP / SMA yang menjelaskan mengenai sejarah dan konsep-konsep dasar saham. Sedangkan One Up on Wall Street, adalah buku yang menjelaskan mengenai konsep-konsep, teori-teori, dan metode-metode investasi Peter Lynch, dan buku Beating the Street memberikan contoh-contoh pengaplikasian dari teori-teori yang dibahas di buku One Up on Wall Street.

Karena waktu kuliah saya sudah tertarik dengan investasi, dan saya suka sejarah, jadi saya beli saja buku ini waktu itu. Tapi setelah itu, bukannya saya berinvestasi saham, saya malah masuk ke forex…hahaha.

Isi mengenai sejarah

Buku ini mulai dengan membahas sejarah perusahaan publik. Bagaimana perusahaan publik pertama kali dibuat, apa perusahaan publik pertama, kenapa mereka menjadikan perusahaan mereka publik, dan apa imbasnya bagi dunia. Buat kita orang Indonesia, ini harusnya menarik. Kenapa?

Karena perusahaan publik pertama di dunia adalah perusahaan Belanda yang bernama Vereenigde Oost Indische Compagnie, atau disingkat sebagai VOC (dalam bahasa Indonesia: Persatuan Perusahaan Hindia Belanda), saat mereka menjual saham perusahaannya ke publik di tahun 1602. Jadi bursa saham pertama di dunia ada di Amsterdam, Belanda. Maka itu kita menyebutnya “bursa”, karena itu dari bahasa Belanda “bourse”.

 Dana investor yang mereka dapatkan digunakan untuk membiayai perjalanan-perjalanan mereka ke India, Afrika, Indonesia, dan juga benua Amerika. Di Amerika, Belanda memiliki pemukiman (“settlement”) atau koloni yang mereka namakan ‘New Amsterdam’, yang setelah diambil alih Inggris menjadi ‘New York’, kotanya Wall Street.

Selain itu buku ini juga membahas jauh lebih bagusnya paham kapitalisme, bila dilakukan dengan benar, dibandingkan dengan sosialisme dalam negara-negara komunis. Menurut saya pembandingan yang dilakukan dalam buku ini cukup adil, karena memang nyatanya tidak ada negara komunis yang bisa maju (China sudah bukan murni komunisme lagi).

Lalu yang menarik juga, dalam buku ini sudah pasti akan menyebutkan “Bapak Ekonomi Modern”, Adam Smith. Saya ingat, meskipun bukan ambil jurusan bisnis/ekonomi, saya bisa paham teori Adam Smith yang terkenal, “Invisible Hand”, suatu konsep ekonomi terbuka.

Isi mengenai investasi saham

Selain sejarah seperti hal-hal di atas, buku Learn to Earn ini juga sedikit membahas cara membaca harga saham, cara membaca laporan keuangan, kenapa anak-anak muda harus mengerti pasar saham, dan bagaimana berpikir selayaknya seorang investor saham.

Peter Lynch dalam buku ini juga mewanti-wanti untuk tidak seperti para kapitalis yang kebablasan, yang suka memanipulasi pasar saham, tapi cukup dengan melakukan hal-hal dasar seperti menabung dan berinvestasi setiap bulan, kita bisa pensiun kaya. Beliau juga bilang untuk menjadikan menabung dan berinvestasi suatu kebiasaan supaya mental kita bisa kuat dalam menghadapi pasar saham yang naik turun. Buku ini juga menyebutkan untuk melakukan riset kalian sendiri dalam memiliki suatu saham dan jangan dijual kecuali ada alasan yang kuat.

Lalu ada beberapa cerita-cerita sukses investasi Peter Lynch yang sudah pernah dibahas dalam buku-buku beliau sebelumnya yang tidak perlu saya sebutkan di sini.

Pendapat Saya Mengenai Buku Ini

Bagus! Tapi dengan catatan…kamu baru belajar konsep berinvestasi dalam saham atau kamu suka sejarah. Kalau kamu mau langsung belajar konsep-konsep, atau metode-metode umum, dalam berinvestasi saham yang bisa diaplikasikan dalam pasar saham Indonesia, menurut saya kamu langsung baca buku One Up on Wall Street saja. Selain itu, saya tidak tahu buku ini ada versi Bahasa Indonesia atau tidak.

Karena itu, saya merekomendasikan buku ini, bagi yang bisa Bahasa Inggris pastinya, dan memberinya 4 / 5 bintang! Tapi dengan catatan yang saya sebutkan di atas, ya.

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku Learn to Earn ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini. Bila ada yang kalian klik, saya berterima-kasih sebelumnya.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)

Exit mobile version