Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Review Buku

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin mengulas, yang menurut saya, salah satu buku terpenting dalam investasi di dunia saham bagi pemula. Yaitu ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’, sebuah buku karangan pak Joeliardi Sunendar.

Mengapa penting? Karena esensi dalam analisa fundamental saham adalah membaca laporan keuangan sebuah perusahaan yang sahamnya ingin kita beli!

Kalau kita hanya ingin trading saham, ya, tidak begitu penting juga bisa baca laporan keuangan perusahaannya atau tidak.

Gambar sampul depan buku ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’ edisi Google Play Books
Sampul depan buku ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’ edisi Google Play Books
Gambar sampul belakang buku Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan edisi Google Play Books
Sampul belakang bukunya edisi Google Play Books

Mari kita ulas buku ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’ ini:

Pengarang Buku Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan

Pak Joeliardi Sunendar adalah seorang investor fundamental senior Indonesia yang berinvestasi di saham-saham Indonesia maupun internasional. Beliau akrab dipanggil dengan sebutan ‘pak Joel’.

Pak Joel adalah lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan pernah menjadi dosen di almamaternya juga. Beliau pernah bekerja di Ernst & Young, Total, Johnson & Johnson, lalu pernah, bersama rekan-rekannya, mengakuisisi perusahaan pendanaan kredit otomotif bernama Perdana Finance, dan juga sebuah bank bernama Bank Putera Sukapura.

Rekan-rekan’ yang saya bilang di atas termasuk, Mbak Titi Soeharto dan pak Tanri Abeng. Beberapa tokoh-tokoh Orde Baru. Agak susah berkilat di dunia perbankan pada saat itu bila tidak bersinggungan dengan pihak Order Baru, sih. Yang jelas, setelah krisis ekonomi tahun 1998, pak Joeliardi mulai fokus 100% berinvestasi di pasar modal, Indonesia maupun dunia.

Saya pertama “kenal” beliau dari videonya mas Teguh Hidayat, salah satu investor fundamental Indonesia yang cukup dikenal, di YouTube.

Secara metode investasi, pak Joel ini pasti mirip dengan pak Lo Kheng Hong – sama-sama fundamental investing. Cari saham bagus yang sedang “murah”, beli, dan tahan yang lama. Tetapi, metode investasi pak Lo Kheng Hong amat sangat lebih sederhana dibanding pak Joel. Kenapa? Di saat pak Lo Kheng Hong hanya membahas valuasi PER dan PBV, pak Joel bisa membahas quantitative easing (‘pelonggaran likuiditas dalam kebijakan moneter’); pak Joel juga bisa membahas perspektif makro ekonomi dengan hubungannya ke pasar saham; dan beliau juga sering membahas soal kondisi ekonomi secara umum.

Yah, maklum, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jadi banyak paham teori.

Tapi yang saya perhatikan, perbedaan beliau dan pak Lo Kheng Hong saat berinvestasi adalah, pak Lo Kheng Hong bisa fokus di hanya beberapa saham Indonesia dalam portofolionya (terbukti beliau sering jadi pemilik saham individu terbesar di saham-saham yang dimilikinya). Sedangkan pak Joel, bila baca buku-buku beliau, bisa ada kepemilikan saham-saham Indonesia, Eropa, dan Amerika.

Isi Buku Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan

Buku ini memiliki 185 halaman dalam 15 bab. Buku ini pertama dicetak di tahun 2019.

Isinya dimulai dengan membahas kalau harga saham pasti akan mengikuti nilai wajarnya. Entah berapa lama, tapi pasti naik. Lalu beliau juga membahas karakteristik sebuah perusahaan yang baik.

Setelah itu mulai, lah, dibahas satu persatu dari isi sebuah laporan keuangan, seperti: Laporan Rugi Laba (Bab 2), Goodwill dan Intangible Assets (Bab 8), Shareholders Equity (Bab 12), Treasury Stocks (Bab 13), Laporan Arus Kas (Bab 14), dan lain lain.

Intinya, apa yang dibahas disini bisa dibilang lengkap dan mencakup semua bagian dari sebuah laporan keuangan.

Apakah cukup jelas bagi pemula? Menurut saya, iya.

Apakah bagi yang sudah ada setahun – dua tahun pengalaman berinvestasi di pasar saham buku ini worth it untuk dibeli? Mungkin iya. Karena ada saja hal-hal, atau sudut pandang, baru dalam melihat hal-hal yang kita sudah tahu.

Contoh, kenaikan penjualan perusahaan apakah karena volume penjualan yang naik atau harga per produk yang naik? Kalau volume penjualan yang naik, apakah karena dibuka toko-toko baru atau setiap toko yang sudah ada naik jumlah penjualannya? Kalau dibuka toko-toko baru, apakah ini dibiayai oleh uang kas hasil operasi bisnis perusahaan atau hutang? Nah, ini semua kan akan berpengaruh ke angka-angka yang ada di laporan keuangan perusahaan tersebut.

Lalu, contoh lagi, tadi di atas saya sebut “…harga saham pasti akan mengikuti nilai wajarnya.” Di buku ini dijelaskan:

“…Dengan PE Ratio 10X, EPS Rp 1.000 tahun ini akan membuat saham diperdagangkan dengan harga Rp 10.000. Apabila tiga tahun kemudian EPS mencapai Rp 1.500, tidak mungkin jika harga yang terbentuk di pasar akan tetap Rp 10.000. Dengan PER yang sama, akan sangat wajar jika harga perusahaan naik menjadi Rp 15.000.”

Joeliardi Sunendar, dalam buku ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’

Sesuatu yang saya pribadi tidak pernah memikirkan. Menarik sekali.

Pendapat saya mengenai buku ini

Jujur? Bagus sekali. Memang agak mahal bagi buku Indonesia, IDR 250,000 di Tokopedia. Tetapi karena saya anggap ini investasi untuk otak, jadi amat saya rekomendasikan, 4.5 / 5 bintang!

Sekedar info, harga di atas untuk versi buku fisik (hard copy), kalau untuk versi Google Play Books (e-book) harganya hanya IDR 112,200.

Apalagi bagi mereka yang ingin belajar mengenai dunia investasi saham atau yang baru belajar mengenai laporan keuangan. Isinya cukup mudah dimengerti, kok.

Mungkin yang benar-benar pemula akan banyak melakukan googling untuk informasi-informasi yang disajikan, itu wajar. Bagi saya sendiri, informasi-informasi dalam buku ini banyak yang saya sudah tahu, tapi itu, pun, saya tetap mendapatkan banyak hal-hal baru untuk saya pelajari. Bahkan  implementasikan, dalam metode analisa saya.

Buku ini akan saya gunakan untuk mengajarkan cara membaca laporan keuangan ke anak saya kelak saat dia berumur paling tidak 14 – 15 tahun.

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan’ ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)