Buku Value Investing: Beat the Market in Five Minutes! – Review

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin menulis review buku ‘Value Investing: Beat the Market in Five Minutes!’ (yang selanjutnya akan saya tulis ‘Value Investing’ saja), tulisan salah satu tokoh value investing Indonesia yang sudah lama malang melintang sebagai value investor di pasar saham Indonesia sejak tahun 2009, yaitu Teguh Hidayat.

Saya membeli buku ini berbentuk hard copy (atau versi cetak) di tahun 2018, tidak lama sejak saya masuk ke pasar saham Indonesia. Padahal sudah dari awal saya mengenal value investing, tapi malah memilih jadi trader supaya cepat kaya. Untung sekarang sudah “tobat”…hehehe. Yang saya ingat waktu itu adalah disaat semua buku-buku yang ada di Gramedia mengenai trading, buku Value Investing ini satu-satunya yang saya lihat fokus di value investing. Makanya saya langsung beli.

Waktu itu saya beli di harga IDR 70,000. Di Gramedia.com dijual, kok. Ada versi ebook-nya juga malah yang lebih murah.

Gambar sampul depan buku ‘Value Investing: Beat the Market in Five Minutes’ karangan Teguh Hidayat
Gambar 1. Sampul depan buku ‘Value Investing: Beat the Market in Five Minutes’ (Sumber)

Oke, mari kita ulas buku ini.

Pengarang Buku Value Investing

Seperti saya sebutkan di atas, pengarang buku Value Investing ini adalah Teguh Hidayat. Di awal tahun 2009, setelah lulus kuliah jurusan Statistika di Universitas Padjadjaran di tahun 2008, beliau bergabung dengan perusahaan riset pasar modal independen Indonesia milik Pak Yosef Ardi, salah satu jurnalis bisnis senior Indonesia. Dari awal Teguh sudah melakukan analisa saham-saham Bursa Efek Indonesia secara fundamental.

Di tahun 2012, Teguh keluar dari perusahaan dan fokus pada kegiatan investasi sendiri. Beliau sering mengisi seminar/training dalam berinvestasi saham. Itu kata kuncinya: investasi. Jadi memang dari awal masuk ke dunia saham, beliau sudah menjadi seorang value investor yang fokus di fundamental analysis.

Di tahun 2014, Teguh mendirikan PT Avere Mitra Investama, sebuah perusahaan “kendaraan” investasi dana pribadi beliau dalam saham-saham Bursa Efek Indonesia. Beliau cukup transparan dengan performa investasi beliau sendiri, seperti bisa dilihat di blog beliau sendiri dimana beliau membuka laporan kinerja Avere Investama untuk tahun 2020 lalu (dimana beliau “achieved alpha”). Dana yang beliau kelola di kisaran angka IDR 1,073,000,000.

Beliau juga memiliki kanal YouTube dimana beliau membagikan sebagian sesi-sesi training yang beliau adakan disana. Beliau juga sering membagikan wawancara-wawancara yang beliau lakukan dengan tokoh-tokoh investasi Indonesia di blog dan kanal YouTube beliau. Bahkan saya jadi kenal Pak Joeliardi Sunendar dari kanal YouTube Teguh Hidayat. Saya berterima kasih sekali, nih.

Isi Buku Value Investing

Intinya, buku ini mencoba menjawab dua pertanyaan:

  1. Bagaimana kita tahu suatu saham sebuah perusahaan itu bagus atau jelek?
  2. Bagaimana kita menilai apakah harganya mahal, wajar, atau murah?

Nah, buku ini ditulis secara mudah dimengerti dan berdasarkan pengalaman Teguh sendiri sebagai seorang value investor. Jadi tidak hanya teori yang dibahas, tapi contoh-contoh konkritnya yang langsung bisa diterapkan juga banyak.

Buku Value Investing ini juga membahas cara mempelajari sebuah laporan keuangan dan rasio-rasio penting yang bisa kita pakai dalam menilai bagus/tidaknya suatu perusahaan dan murah/mahalnya saham perusahaan tersebut.

Buku ini ditulis di tahun 2017 dan memiliki 242 halaman yang terdiri dari 10 bab.

Daftar isi

Berikut daftar isi lengkap buku Value Investing:

  • Pendahuluan
  • Bab I: Cara untuk Mempelajari Segala Sesuatu Tentang Perusahaan Hingga Sedetail-detailnya
  • Bab II: Value Investing: Metode Paling Santai Sekaligus Paling Menguntungkan dalam Investasi Saham
  • Bab III: Tiga Elemen Penting dalam Value Investing
  • Bab IV: Metode Sederhana untuk Menilai Harga Wajar Saham
  • Bab V: Cara Cepat Mempelajari Laporan Keuangan Perusahaan, Sekaligus Menyeleksi Saham Secara Fundamental
  • Bab VI: Teknik Memaksimalkan Potensi Keuntungan, Sekaligus Meminimalisir Risiko Kerugian
  • Bab VII: Cara Praktis Menganalisis Kualitas Manajemen Perusahaan
  • Bab VIII: Inspirasi dan Success Story dari Para Value Investor
  • Bab IX: Bisakah kita ‘Investing for Living’? Sangat Bisa!
  • Bab X: Beat The Market in Five Minutes!
    Penutup

Pendapat saya mengenai Buku Ini

Terus terang, saya sendiri belajar banyak dari buku ini. Menurut saya buku Value Investing ini sangat cocok dibaca oleh pemula. Dan hanya untuk pemula saja – seperti saya di tahun 2017/2018 lalu. Kenapa? Karena buku ini hanya membahas konsep-konsep dan rasio-rasio dasar (PER, PBV, ROE, dll), tidak masuk ke metode discounted cash flow, bahkan konsep free cash flow, pun, tidak dibahas.

Jadi, bila kamu adalah seorang investor pemula (0 – 1 tahun pengalaman), buku ini bagus untuk kamu baca, tapi jangan jadikan buku ini panutan. Baca buku-buku yang lain juga. Kenapa? Saya jelaskan di bawah…

Kritik saya atas buku ini

…Karena menurut saya, Teguh Hidayat, minimal dalam buku ini, tidak terlihat seperti seorang value investor “murni”. Kenapa? Di halaman 221 beliau menulis kalau setiap tanggal 30/31 tiap bulan beliau menganalisa portfolio saham beliau dan:

  1. Mengecek saham-saham yang turun 5 – 10% –> Hah?? Buat apa? Kalau memang perusahaan yang dibeli bagus untuk apa khawatir saham turun 5 – 10%? Memang value (“nilai wajar”) perusahaan yang kita beli bisa kelihatan dalam hitungan bulanan??
  2. Merangkum kembali berita-berita serta sentimen positif/negatif  tentang perusahaan yang sahamnya kita pegang –> Hah?? Kita beli saham dari laporan keuangan atau berita??
  3. Menganalisis pergerakan IHSG –> Hah??!! Investor atau trader??

Jadi, kalau menurut saya, Teguh Hidayat memang adalah seorang value investor yang berinvestasi saham secara fundamental, tetapi beliau adalah seorang investor saham jangka pendek. Bukan jangka panjang seperti pak Lo Kheng Hong ataupun pak Joeliardi Sunendar.

Meski demikian, saya pribadi tetap merekomendasikan buku ini dan memberinya 3.5 / 5 bintang. Tapi dengan catatan: kamu adalah seorang investor pemula dan kamu akan membaca buku-buku lain di luar sana, dan pastinya akan melakukan riset kamu sendiri.

Karena yang jelas, tetap banyak hal yang bisa kita ambil dan implementasikan dari buku ini.

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku Value Investing ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini. Bila kalian ingin mendukung blog saya dan tertarik dengan buku ini, kalian bisa membeli buku ini dengan klik salah satu tautan di bawah ini. Terima kasih sebelumnya.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)