Who Wants to be a Smiling Investor – Review Buku

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin mengulas, yang menurut saya, salah satu buku mengenai dunia saham yang termudah untuk dimengerti bagi pemula. Yaitu Who Wants to be a Smiling Investor, karangan Lukas Setia Atmaja dan Thomdean.

Kenapa saya bilang termudah untuk dimengerti? Karena tidak seperti buku-buku tentang saham lainnya, buku ini berbentuk komik!

Gambar sampul depan buku Who Wants to be a Smiling Investor karangan Lukas Setia Atmaja dan Thomdean.
Gambar 1. Sampul depan buku Who Wants to be a Smiling Investor karangan Lukas Setia Atmaja dan Thomdean.
Gambar sampul belakang buku Who Wants to be a Smiling Investor karangan Lukas Setia Atmaja dan Thomdean.
Gambar 2. Sampul belakang bukunya

Seperti saya bilang di post saya dalam blog ini yang paling pertama, kalau review/ulasan buku-buku akan menjadi salah satu dari hal-hal yang akan saya bahas dalam blog Stoxets.com ini.

Karena ini pertama kali saya mengulas sebuah buku (inshallah bukan yang terakhir), jadi mungkin saya akan menjelaskan format saya dahulu: saya mulai dari sedikit pembahasan mengenai pengarangnya, lalu isi dari bab-bab yang ada dalam bukunya, dan terakhir mungkin kesimpulan dan pendapat saya mengenai buku tersebut.

Mari kita ulas buku Who Wants to be a Smiling Investor ini.

Pengarang Buku Who Wants to be a Smiling Investor

Lukas Setia Atmaja, PH.D. adalah dosen yang mengajar mengenai investasi di Prasetiya Mulya Business School. Beliau memiliki gelar S2 dari University of Wisconsin, Madison dan S3 dari Monash University, Melbourne.

Saya pertama kali “kenal” beliau dari artikel-artikelnya di situs Kontan, yang awal-awal saya belajar mengenai dunia saham. Beliau adalah kawan dari Lo Kheng Hong, dan sering sekali beliau menulis tentang kawannya ini. Seperti saat beliau menulis mengenai kepemilikan Lo Kheng Hong di Indika Energy Tbk (INDY) beberapa tahun lalu, ataupun saat beliau menulis mengenai Lo Kheng Hong dan saham properti di blog beliau.

Beliau sendiri juga adalah seorang investor fundamental saham. Jadi beliau tahu teori dunia investasi saham dan juga mempraktekannya.

Sedangkan Tommy Thomdean adalah seorang kartunis editorial yang karya-karyanya dimuat di koran The Jakarta Post, Kompas, dan Kontan. Bahkan, gambar kartun karyanya mengenai pembantaian masal tahun 1965 pernah memenangkan penghargaan.

Isi Buku Who Wants to be a Smiling Investor

Buku Who Wants to be a Smiling Investor ini memiliki 249 halaman dalam 13 bab. Buku ini pertama diterbitkan di tahun 2011 dan edisi yang saya beli merupakan cetakan kelima dari tahun 2017.

Isinya dimulai dengan menjelaskan mengenai dunia investasi secara umum dimana beberapa halaman kemudian ditarik kesimpulan bahwa saham adalah instrumen investasi yang paling menguntungkan (pastinya…pengarangnya juga seorang investor saham, kan).

Lalu, buku ini dilanjutkan dengan mendiskusikan topik-topik dasar mengenai dunia investasi saham seperti: beda investasi dan spekulasi (Bab 2), dasar pengertian saham dan bursa efek (Bab 3), cara membeli dan memantau saham (Bab 4), dividen dan capital gain (Bab 5), cara mengukur resiko (Bab 6), dan cara mengelola resiko (Bab 7).

Setelah itu buku Who Wants to be a Smiling Investor ini mulai membahas hal-hal yang lebih dalam dan teknis mengenai dunia investasi saham seperti: beda technical analysis dan fundamental analysis – dengan rasio-rasio pentingnya (Bab 8), beberapa metode analisa saham (Bab 9), kenapa kita harus menjadikan waktu sebagai “teman” (Bab 10), bagaimana pasar saham sering tidak rasional (Bab 11), tips dan saran sebelum berinvestasi saham (Bab 12), dan di Bab 12A terakhir tentang salah satu investor saham tersukses di Indonesia (tebak siapa…hehehe).

Intinya, isi buku ini cukup menyeluruh dalam topik dunia investasi saham.

Pendapat saya mengenai Buku Ini

Jujur? Bagus sekali. Amat saya rekomendasikan, 4.5 / 5 bintang! (Bisa beli di Tokopedia dan Gramedia, ya)

Apalagi bagi mereka yang ingin belajar mengenai dunia investasi saham atau yang baru belajar. Isinya mudah dimengerti karena berbentuk kartun, topik-topiknya disampaikan dengan tokoh-tokoh kartun jenaka, akan tetapi informasi yang disajikan bisa dibilang lengkap sekali untuk pemula.

Memang buku Who Wants to be a Smiling Investor ini belum cukup untuk menjadikan kamu calon investor yang paham segala-galanya mengenai investasi di dunia saham (tidak ada buku seperti ini, sih…hehehe). Tetapi bila ada satu buku yang akan saya gunakan untuk memperkenalkan dunia investasi saham ke anak saya kelak saat dia berumur paling tidak sepuluh tahun, ini adalah buku tersebut!

Satu hal yang perlu diingat lagi, Lukas Setia Atmaja sendiri adalah seorang fundamental investor. Jadi buku ini menitikberatkan ke sana. Buat saya tidak masalah, memang fundamental analysis lebih superior (hehehe…).

Lalu, terakhir, waktu itu kalau tidak salah saya beli buku ini di harga IDR 120,000-an di toko buku Gramedia. Tolong jangan beli yang bajakan seperti dijual di banyak toko e-commerce, ya. Mari kita dukung penulis Indonesia.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini. Bila kalian ingin mendukung blog saya dan tertarik dengan buku ini, kalian bisa membeli buku ini dengan klik tautan di bawah ini. Terima kasih sebelumnya.

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku Who Wants to be a Smiling Investor ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)