Buku The Intelligent Investor – Review

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin menulis review buku ‘The Intelligent Investor’ salah satu karya tulis “Bapak Value Investing” dunia, guru dari investor legendaris Warren Buffett, Benjamin Graham.

Saya membeli buku ini berbentuk hard copy (atau versi cetak) yang versi Bahasa Inggris. Kebetulan kakak saya di tahun 2017 jalan-jalan ke Amerika dan karena saat itu saya baru mulai masuk ke pasar saham, jadi saya minta oleh-oleh buku The Intelligent Investor saja. Karena itu saya lupa harganya berapa…hehehe. Tapi di Amazon ada versi Kindle eBook-nya seharga USD 13.58, kalau di-Rupiahkan (dengan kurs saat ini) di IDR 196,154.

Dan, di Gramedia ada versi hard copy juga seharga IDR 195,000, yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. (Jangan salah beli versi-versi rangkuman yang dijual di harga-harga yang jauh lebih murah, ya…).

Gambar sampul depan buku The Intelligent Investor versi Bahasa Inggris.
Gambar 1. Sampul depan buku ‘The Intelligent Investor’ versi Bahasa Inggris (Sumber)
Gambar sampul depan buku The Intelligent Investor versi Bahasa Indonesia.
Gambar 1. Sampul depan buku ‘The Intelligent Investor’ versi Bahasa Indonesia (Sumber)

Oke, mari kita ulas buku ini.

Pengarang Buku The Intelligent Investor

Seperti saya sebutkan di atas, pengarang buku The Intelligent Investor ini adalah Benjamin Graham. Dia merupakan investor value investing legendaris yang bahkan dijuluki sebagai “Bapak Value Investing” dunia.

Benjamin Graham lahir di London pada tahun 1894 dari keluarga Yahudi, dan bernama asli Benjamin Grossbaum. Di tahun 1895, keluarga Benjamin Grossbaum pindah ke New York, Amerika Serikat, dan mengganti nama keluarga mereka menjadi ‘Graham’ karena rasisme yang dihadapi keturunan Yahudi di Amerika saat itu. Jadilah Benjamin dikenal juga sebagai Ben Graham.

Lulusan Columbia University ini menjadi dosen di almamaternya dan menulis buku pertamanya, ‘Security Analysis’, dengan David Dodd, kolega Ben Graham di Columbia University, di tahun 1934. (Ini juga merupakan buku legendaris yang membuat Warren Buffett ingin berguru pada Ben Graham. Yang kebetulan sedang saya baca sekarang…ribet, euy…hehehe).

Beberapa tahun kemudian, Ben Graham memulai karirnya di Wall Street pada tahun 1936 dengan membentuk ‘Graham-Newman Partnership’. Sebuah perusahaan investasi yang dalam 20 tahun, 1936 – 1956 memiliki performa pertumbuhan sekitar 20% per tahun, atau 400% secara total. Jauh lebih besar daripada performa market indeks Amerika saat itu.

Di tahun 1949, Warren Buffett mengambil studi S2 di Columbia University untuk bisa belajar langsung dari Ben Graham. Saat itu Warren merupakan satu-satunya yang bisa mendapatkan nilai A+ dari Ben Graham. Dan di tahun inilah buku The Intelligent Investor ditulis.

Murid-murid terkenal Ben Graham selain Warren Buffett adalah: Irving Kahn, Asisten Dosen Ben Graham di Columbia University yang menjadi investor tertua di dunia – sebelum meninggal di usia 109 tahun, dan Sir John Templeton, salah satu pionir produk reksa dana – salah satu produknya: ‘Templeton Growth Fund’ memiliki rekor pertumbuhan 15% selama 38 tahun.

Kalian tahu konsep “intrinsic value” (“nilai wajar”) dan “margin of safety” dalam saham? Itu buah pikiran Ben Graham. Terbayang, kan, seberapa berpengaruhnya pengarang buku The Intelligent Investor ini?

Isi Buku The Intelligent Investor

Intinya, buku ini didasarkan dari metode investasi yang Ben Graham kembangkan saat beliau menjadi dosen di Columbia University mulai tahun 1928, bersama koleganya, David Dodd, yaitu bagaimana menggunakan konsep value investing di pasar saham secara sukses.

Lalu, di buku ini ada satu konsep yang sangat mendeskripsikan bagaimana tidak rasionalnya pasar saham, bila kita melihatnya dalam “kacamata” seorang value investor. Apa itu? Yaitu konsep “Mr. Market” (Bacanya “Mister Market”, terjemahannya “Pak Pasar”).

Apaan tuh? Jadi, menurut Ben Graham, anggap saja pasar saham itu orang yang dijuluki “Mr. Market”. Nah, si Mr. Market ini setiap hari datang ke rumah kita untuk menawarkan untuk membeli/menjual kepemilikan kita di suatu perusahaan (lembar-lembar saham yang kita punya). Setiap pagi dia datang, lalu ngoceh dan teriak-teriak harga-harga saham ke kita: “ITMG beli 21,025 – jual 21,000!; PJAA beli 565 – jual 560!; RALS beli 700 – jual 695!”. Dan lain-lain. Begitu terus dari jam 9:00 – 15:00, dari hari Senin – Jumat. Risih, gak, kalau ada orang yang betulan seperti itu? Setiap hari, loh, dan berjam-jam.

Kalau kita “berkacamata” dengan konsep value investing, dimana harga saham itu ditentukan oleh performa bisnis si perusahaan – bukan mood dari si Mr. Market yang seenaknya kasih harga berapa – dan saat kita membeli suatu saham, harganya jatuh karena hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan performa bisnisnya, buat apa kita pedulikan Mr. Market yang “datang” untuk “menakut-nakuti” kita setiap harinya? Tunggu saja sampai harganya sudah naik lagi, toh, performa bisnis perusahaannya masih bagus.

Dalam value investing, adalah pilihan kita kapan mau membeli dan menjual suatu saham. Tidak ditentukan oleh mood orang lain.

Buku The Intelligent Investor ini mulai dengan membahas apa bedanya investor dan spekulator. Lalu buku ini juga membahas bagaimana kita harus mencari tahu profil resiko diri kita sendiri, baru kita bisa tahu kita itu investor seperti apa, dan kita bisa tahu kita harus investasi dimana.

Daftar isi

Berikut daftar isi lengkap buku The Intelligent Investor, yang ditulis di tahun 1949 dan berisikan 640 halaman (Edisi Revisi 2009):

  • Introduction: What This Book Expects to Accomplish
  • Commentary on the Introduction
  1. Investment versus Speculation: Results to Be Expected by the Intelligent Investor
  2. The Investor and Inflation
  3. A Century of Stock Market History: The Level of Stock Market Prices in Early 1972
  4. General Portfolio Policy: The Defensive Investor
  5. The Defensive Investor and Common Stocks
  6. Portfolio Policy for the Enterprising Investor: Negative Approach
  7. Portfolio Policy for the Enterprising Investor: The Positive Side
  8. The Investor and Market Fluctuations
  9. Investing in Investment Funds
  10. The Investor and His Advisers
  11. Security Analysis for the Lay Investor: General Approach
  12. Things to Consider About Per-Share Earnings
  13. A Comparison of Four Listed Companies
  14. Stock Selection for the Defensive Investor
  15. Stock Selection for the Enterprising Investor
  16. Convertible Issues and Warrants
  17. Four Extremely Instructive Case Histories and more
  18. A Comparison of Eight Pairs of Companies
  19. Shareholders and Managements: Dividend Policy
  20. “Margin of Safety” as the Central Concept of Investment
  • Postscript
  • Commentary on Postscript
  • Appendixes
  1. The Superinvestors of Graham-and-Doddsville
  2. Important Rules Concerning Taxability of Investment Income and Security Transactions (in 1972)
  3. The Basics of Investment Taxation (Updated as of 2003)
  4. The New Speculation in Common Stocks
  5. A Case History: Aetna Maintenance Co.
  6. Tax Accounting for NVF’s Acquisition of Sharon Steel Shares
  7. Technological Companies as Investments
  • Endnotes
  • Index

Pendapat saya mengenai Buku Ini

Terus terang, buku ini juga ribet dibacanya. Mungkin karena: 1) buku ini sangat detail, 2) saat saya membaca untuk pertama kalinya, saya baru belajar mengenai konsep-konsep investasi (obligasi, reksa dana, inflasi, dll.), dan 3) buku ini ditulis di tahun 1949, jadi banyak contoh-contoh perusahaan yang dipakai adalah perusahaan-perusahaan tua yang sudah tidak ada lagi.

Tapi, meski demikian, buku ini sangat bagus! Dengan catatan, apakah kamu mau membeli versi Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, kamu sudah cukup paham istilah-istilah dalam dunia investasi / ekonomi untuk bisa menikmati buku The Intelligent Investor ini secara penuh.

Saya pribadi merekomendasikan buku ini dan memberinya 4 / 5 bintang! Tapi dengan catatan yang saya sebutkan di atas, ya. Yang jelas, banyak hal yang bisa kita ambil dan implementasikan dari buku ini.

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku The Intelligent Investor ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini. Bila ada yang kalian klik, saya berterima-kasih sebelumnya.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)