Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I – Review Buku

Halo, saya ETS, pemilik dari blog Stoxets.com ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya ingin mengulas buku lagi, yang menurut saya adalah salah satu buku terbagus bagi investor di dunia saham Indonesia, yang berjudul ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’.

Ini juga merupakan karya pak Joeliardi Sunendar, yang bukunya, Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan, kemarin sudah kita bahas.

Buku ini bisa dibilang berseri, dan yang saya bahas sekarang adalah volume pertama dari seri buku “Cara Simpel…” ini. Seri buku ini ada karena pada dasarnya, ini adalah kompilasi dari catatan-catatan pak Joeliardi di, yang pada saat itu, sebuah media sosial mengenai investasi/trading saham bernama Stockbit, dari tahun 2015 – 2019/2020. Lalu beliau pindah ke situs beliau sendiri.

Gambar sampul depan buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’
Gambar 1. Sampul depan buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’
Gambar sampul belakang buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’
Gambar 2. Sampul belakang buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’

Oke, mari kita ulas buku ini:

Pengarang Buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I

Seperti saya sebutkan di atas, saya pernah membahas soal pengarang buku ini di post saya yang berjudul ‘Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Review Buku’. Sedikit mengulang, pak Joeliardi Sunendar adalah seorang investor fundamental senior Indonesia yang berinvestasi di saham-saham Indonesia maupun internasional. Beliau akrab dipanggil dengan sebutan ‘pak Joel’.

Pak Joel adalah lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan pernah menjadi dosen di almamaternya juga. Selain itu, beliau pernah bekerja di Ernst & Young, Total, Johnson & Johnson, lalu pernah, bersama rekan-rekannya, mengakuisisi perusahaan pendanaan kredit otomotif bernama Perdana Finance, dan juga sebuah bank bernama Bank Putera Sukapura.

Secara metode investasi, pak Joel ini pasti mirip dengan pak Lo Kheng Hong – sama-sama fundamental investing. Cari saham bagus yang sedang “murah”, beli, dan tahan yang lama.

Tapi yang saya perhatikan, perbedaan beliau dan pak Lo Kheng Hong saat berinvestasi adalah, pak Lo Kheng Hong bisa fokus di hanya beberapa saham Indonesia dalam portofolionya (terbukti beliau sering jadi pemilik saham individu terbesar di saham-saham yang dimilikinya). Sedangkan pak Joel, bila baca buku-buku beliau, termasuk buku ini, bisa ada kepemilikan di saham-saham Indonesia, Eropa, dan Amerika.

Isi Buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I

Buku ini memiliki 369 halaman dalam 26 bab (tergantung bagaimana melihatnya, kalau saya setiap heading baru saya hitung 1 bab). Saya membeli buku ini di tahun 2019, edisi hard cover (“sampul keras”).

Gambar daftar isi buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’
Gambar 3. Daftar isi buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’

Karena buku ini adalah kumpulan ide-ide pak Joel sendiri, jadi tidak ada urutan dalam buku ini. Bebas mau mulai dari bab/topik mana saja, setiap dari mereka berdiri sendiri. Jadi kita bebas memilih topik yang kita suka.

Intinya, apa yang dibahas disini bisa dibilang cukup menarik dengan ide-ide baru, minimal bagi saya saat itu.

Buku ini membahas teori-teori, ide-ide, dan juga contoh-contoh nyata yang menarik, seperti:

  1. Metrik-metrik yang harus diperhatikan dalam laporan keuangan (ada juga di buku pak Joel yang kita bahas kemarin)
  2.  Keunggulan investor ritel vs. investor institusi (“bandar”)
  3. Technical analysis vs. Fundamental analysis
  4. BRI vs. Wells Fargo
  5. Facebook
  6. Private Value Is The True Value?
  7. Berapa Private Value Bank Permata?
  8. Konsep dry powder
  9. Analisa Apple & Microsoft
  10. Time Frame Investasi

Dan masih banyak lagi! Saya sendiri belajar banyak dari buku ini.

Pendapat saya mengenai buku ini

Bagus sekali! Memang agak mahal bagi buku Indonesia, IDR 250,000 di Tokopedia. Tetapi karena saya anggap ini investasi untuk otak dan isi dari buku ini tidak kalah dari buku-buku investasi karangan investor-investor luar negeri, jadi amat saya rekomendasikan, 4.5 / 5 bintang!

Tapi apakah cukup mudah dimengerti bagi pemula? Yang benar-benar pemula? Mungkin tidak. Tapi kalau sudah ada  1 -2 tahun pengalaman di dalam dunia investasi saham, buku ini pas.

Kalau punya pengalaman kurang dari 1 tahun berinvestasi di pasar modal, bagaimana? Tidak masalah, asal mau belajar konsep-konsep baru dan banyak-banyak googling, sih, bisa saja.

Yang jelas, banyak yang bisa diambil dari membaca buku ini.

Buku ini akan saya gunakan untuk mengajarkan cara membaca laporan keuangan ke anak saya kelak saat dia berumur paling tidak 15 – 17 tahun.

Oke! Mungkin itu dulu yang bisa saya share mengenai buku ‘Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal Vol. I’ ini. Semoga membantu kalian dalam memilih. Sampai jumpa di post berikutnya dan bila ada saran/pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah atau hubungi saya di sini.

Juga, kalau post ini membantu dalam perjalanan investasi, atau menghibur, kalian, saya hanya ingin memberi tahu kalau iklan yang kalian lihat di blog ini akan membantu saya dalam terus menjalankan blog saya ini.

Salam investasi,

ETS

Stoxets.com

Disclaimer/Peringatan:

Kami bukan perencana keuangan, pialang saham, maupun penasihat investasi. Stoxets.com murni berfungsi sebagai blog untuk berbagi pengalaman dan pendapat kami dalam berinvestasi di berbagai jenis aset (terutama pasar saham), tidak menyarankan siapapun untuk membeli/menjual suatu jenis aset maupun saham tertentu, dan tidak akan bertanggung jawab atas siapapun yang mengalami kerugian, maupun keuntungan, uang dalam berinvestasi dimanapun setelah membaca blog ini. Investasi apapun beresiko. Lakukan riset kalian sendiri. Uang kalian, tanggung jawab kalian.

Support This Blog

Kalau kalian ingin mendukung / support blog saya, kalian bisa klik iklan-iklan yang ada di blog saya ini…

atau kalian juga bisa membeli buku-buku rekomendasi saya di bawah ini melalui tautan / link afiliasi yang saya berikan. Semua buku yang saya rekomendasikan akan saya review terlebih dahulu, kalau tidak bagus tidak akan saya rekomendasikan untuk dibeli (meski tetap akan saya review). Program afiliasi ini tidak menjadikan harga buku lebih mahal, saya hanya mendapatkan komisi dari si penjualnya saja:

Buku untuk investor saham pemula

Who Wants to be a Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean: Gramedia / Tokopedia

Value Investing: Beat the Market in Five Minutes – Teguh Hidayat: Gramedia / Tokopedia

Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Learn to Earn – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Buku untuk investor saham yang lebih berpengalaman

Warren Buffett and the Interpretation of Financial Statements – Mary Buffett & David Clark: Tokopedia

One Up on Wall Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Beating the Street – Peter Lynch & John Rothchild: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. I – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal vol. II – Joeliardi Sunendar: Tokopedia

Buku untuk investor saham tingkat jendral bintang lima & pendekar silat sabuk merah

The Intelligent Investor – Benjamin Graham: Gramedia / Tokopedia

Dan masih banyak lagi!

Tolong bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoying this blog? Tolong bagikan, ya! :)